5 Jenis Bahan Sneakers yang Wajib Diketahui

Bahan sneakers  adalah penentu kepopuleran dari sepatu merk tertentu. Itu sebabnya, sneakers original banyak digemari berbagai kalangan.

Kepopuleran sneakers tentu tidak lepas dari sisi daya cipta si pembuat dengan berbagai model pilihan yang bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. Dengan kata lain, sepatu jenis ini sangat versatile.

Terlepas dari itu semua, ada beberapa varian bahan sneakers yang sering digunakan oleh brand-brand ternama seperti Converse, Nike, Vans, dan lain sebagainya.

Melalui kesempatan ini, Sepatu Kafka akan berbagi sedikit informasi mengenai bahan-bahan yang sering digunakan dalam pembuatan sepatu sneakers.

5 Jenis Bahan Sneakers

Berikut beberapa jenis bahan sneakers yang perlu diketahui.

1. Suede

Suede adalah bahan yang populer digunakan dalam pembuatan sepatu sneakers. Sayangnya, bahan ini memiliki sedikit kelemahan yang membuatnya sering dihindari. Melakukan perawatan pada sepatu berbahan suede memang cukup rumit. Sedikit kesalahan saja, akan dapat membuat sepatu suede kamu rusak. Untuk merawat sepatu yang terbuat dari suede, kamu harus membeli sikat serta cairan remover khusus yang hanya dapat digunakan untuk bahan suede.

2. Nubuck

Jika dilihat sekilas, kita akan mengira nubuck sama saja dengan suede. Namun, kedua bahan ini ternyata memiliki tekstur yang sangat berbeda. Nubuck terbilang lebih halus saat dibandingkan dengan suede. Karena tekstur yang lembut, nubuck terlihat lebih cantik dan mengkilap ketimbang suede. Harga nubuck di pasaran pun lebih mahal dari suede. Karena itulah, Nubuck selalu dianggap mewakili penampilan yang elegan dan eksklusif.

3. Kulit Sintetis

Sepatu masa kini sering dibuat menggunakan bahan dasar kulit sintetis. Kulit sintetis sebenarnya terbuat dari kain yang telah diproses bersama dengan lilin dan pewarna sehingga menghasilkan bahan baru yang nampak sangat mirip dengan kulit asli. Sepatu sneakers berbahan kulit sintetis sangat lazim ditemui di pasaran. Kendati demikian, sepatu jenis ini juga tidak boleh lepas dari perawatan khusus untuk kulit sintetis. Untuk membersihkan sepatu yang menggunakan bahan ini, kamu perlu membeli sabun khusus. Setelah itu, baru dapat membersihkannya dengan langkah sebagai berikut:

  • Berikan sedikit air di atas kain lap.
  • Tambahkan sabun secukupnya.
  • Kemudian gosoklah sepatu dengan perlahan hingga muncul busa.
  • Bilaslah busa yang tersisa dengan menggunakan air.
  • Hindarkan bagian dalam sepatu dari air.

4. Canvas

Sepatu dengan bahan canvas sangatlah digemari oleh kaum milenial. Bahan ini terkenal nyaman dan ringan sehingga populer dipadu padankan dengan tampilan casual. Tak cuma itu, saking ringannya sepatu model ini pas dipakai kemana saja bahkan ketika kamu hanya ingin bersantai. Sepatu dari bahan canvas mudah terkena kotoran yang membandel. Ini wajar saja terjadi. Apalagi karena canvas memang bahan kain yang memiliki daya serap tinggi terhadap segala macam air. Karena itulah kamu harus waspada, sepatu sneakers canvas gampang sekali memudar dan sobek.

5. Denim

Denim merupakan bahan yang hampir sama dengan canvas. Bahan ini juga sangatlah sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sepatu sneakers. Perbedaan antara canvas dan denim terletak pada tekstur dan bobotnya. Bahan canvas terkenal lebih kasar dan ringan. Sedangkan, denim memiliki bobot yang berat tapi tekstur yang lebih halus.

Cara merawat sepatu dengan bahan denim sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyikatnya dengan sikat gigi maupun segala macam sikat yang memiliki bulu halus. Pembersihan jenis ini dapat dilakukan dengan menggunakan deterjen dan air hangat. Karena sensitif terhadap air dan bakteri, sepatu dengan bahan denim sering sekali mengeluarkan bau tidak sedap.

Untuk menghilangkan bau ini dari sepatu sneakers, kamu dapat mencampurkan sedikit baking soda ke dalam larutan deterjen yang akan digunakan untuk mencuci sepatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *